http://sambak-q.blogspot.com/ http://renunganku-spiritku.blogspot.com/
oOnPizz
 
Picture
20, juli  2010

Kepada Yth,

Bank Mandiri

Di

makassar

 

Dengan Hormat,

 

Perihal:        Laporan Studi Kelayakan Bisnis Service Komputer

 

Bersama surat ini kami kirimkan proposal studi kelayakan bisnis dalam bidang usaha Service Komputer. Dalam rencana pembangunan Usaha Service Komputer ini, saya mendapatkan suatu peluang yang sangat bagus dan saya sangat tertarik untuk membangunnya. 

Besarnya investasi pembangunan usaha ini adalah Rp 13.708.000 (Tiga belas juta tujuh ratus delapan ribu rupiah). Sedangkan modal kami saat ini sebesar Rp 5.000.000, maka kekurangan dana investasi sebesar Rp 7.500.000 (Tujuh juta lima ratus ribu rupiah) kami mengharapkan dapat bantuan kredit investasi dari Bank.

Selanjutnya sebagai bahan pertimbangan dan analisa, kami lengkapi proposal ini dengan hasil analisa tentang rencana perluasan usaha.

Demikianlah surat permohonan ini besar harapan kami mendapat dukungan dana dari bank yang bapak pimpin.

Terimakasih atas perhatiannya.

 Hormat Saya,

 

   Solomut

 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Studi Kelayakan Bisnis Service Komputer

Di makassar perkembangan bisnis dan industri sangat maju pesat, dikarenakan pemerintah daerah mengeluarkan undang-undang atau peraturan yang meringankan bagi pengusaha. Juga mampu mengundang investor dari dalam ataupun luar negeri untuk berinvestasi disana. Pengusaha-pengusaha yang berinvestasi disana merupakan pengusaha kelas kakap, sehingga banyak wirausaha-wirausaha muda membangun usaha kecil-kecilan untuk memenuhi dan melengkapi kebutuhan-kebutuhan perusahaan besar. Makasar juga merupakan kota yang memiliki banyak pelajar dan banyak diantara pelajar itu yang memiliki alat-alat elektronik seingga sangat baik bagi pengembangan usaha.

Salah satunya adalah usaha service computer. Awalnya saya sering dipanggil oleh beberapa rekan mashasisa ataupun beberapa perusahaan untuk memperbaiki dan meng-upgrate computer mereka. Sehingga saya memutuskan untuk membangun usaha service dan upgrate computer dengan menyewa suatu kios.

I.       KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha

Kepemilikan

Dengan latar belakang yang seperti diceritakan diatas, maka saya merencanakan membangun usaha Service Komputer. Mengingat keterbatasan dana dalam membangun usaha tersebut, saya bermaksud untuk meminjam dana untuk menutupi kekurangan dana investasi saya.

Kepemilikan Usaha

Usaha Service Komputer ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:

Pemilik / Pimpinan Usaha  : Solomut

Dibantu                           : 2 orang karyawan

Riwayat hidup pemilik.

Saat ini saya merupakan seorang mahasiswa semester 6 yang sudah cukup ahli memperbaiki computer, dan cita-cita saya ingin memiliki kios service computer. Untuk lebih jelas tentang riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.

Modal Usaha

Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 5.000.000 (Lima juta rupiah).

Surat-Surat Izin

Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya dilampirkan dalam proposal ini adalah:

-      Kartu mahasiswa

-      Kartu keluarga

-      Kartu tanda penduduk (KTP)

II.   Pemasaran

Produk & Segmentasi

Produk usaha ini adalah menservice dan meng-upgrate computer dan menginstal ulang program-program computer jika diperlukan, baik itu menservice hardware ataupun service software yang rusak akibat virus atau lainnya.

Segmentasi pasar usaha ini adalah perkantoran dan masyarakat umum (pribadi) dipropinsi tersebut.

Permintaan

Pada saat saya menjadi tukang service computer panggilan, omset saya rata-rata perhari + Rp 200.000 atau Rp 4.400.000 perbulan. Dengan saya membuka kios dan menambah 2 orang karyawan, serta mempromosikannya, maka diperkirakan omset penjualan mencapai Rp 500.000 perhari atau Rp 11.000.000 perbulan dan akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan bisnis dan mulai banyaknya yang tahu keberadaan usaha saya ini.

Pesaing

Di makassar sudah ada 2 pesaing besar, tapi lokasi mereka cukup jauh dari pusat bisnis dan omset mereka rata-rata Rp 600.000 perhari atau Rp 13.200.000 perbulan. mengingat lokasi usaha yang akan dibuka lebih dekat kepusat bisnis, maka diperkirakan dalam 3 bulan omset potensial sudah sama dengan omset mereka dan pada bulan ke 4 seterusnya omset akan lebih besar dari omset mereka + 20 %.

untuk lebih lengkapnya silahkan download filenya dalam bentuk word dan perhitungannya dalam bentuk excel..

 semoga bermanfaat...

11/19/2011

thank's gan..
sangat membantu :)

Reply



Leave a Reply.

    Anto D. GembelZ

    ini adalah beberapa tugas n materi yang saya dapat saat kuliah di pOLTEK. semoga bisa membantu anda...

    Archives

    November 2010
    July 2010

    Categories

    All
    Curiculum Vitae
    Mata Kuliah
    Pelajaran
    Skripsi
    Tugas Besar

    RSS Feed

    Web Hosting

http://sambak-q.blogspot.com/ http://renunganku-spiritku.blogspot.com/