http://sambak-q.blogspot.com/ http://renunganku-spiritku.blogspot.com/
oOnPizz
 
  1. Deskripsi Proyek Sosial
a.   Latar Belakang 

Terpilihnya sekolah Cakrawala sebagai tempat melaksanakan proyeksosial dikarenakan usulan dari dosen dan teman-teman penulis. Saat itu ada banyak pilihan mengenai proyek sosial dari proyek  yang mudah sampai proyek sosial  yang sulit.  Namun setelah mendapat informasi mengenai sekolah Cakrawala, penulis jadi tertarik untuk melakukan proyek sosial disana. Hal ini dikarenakan menurut informasi yang penulis terima, yang kami akan ajar itu orang-orang yang sudah dewasa atau bisa dibilang dewasa. Jadi penulis berpikir ini akan mudah karena mereka akan lebih cepat mengerti apa yang kami ajarkan. Sehingga dengan bantuan dosen kami mulai mengadakan pertemuan dengan para pengurus sekolah Cakrawala dan akirnya kami disetujui untuk membantu mereka mengajar.

    b. Deskripsi tempat/lokasi dimana proyek dilaksanakan 
 sekolah Cakrawala bertempat di jalan printis kemerdakaan 6 nomor   . sekolah ini berdiri beberapa tahun yang lalu, disekitar tempat ini memang cukup banyak penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan namun banyak juga yang hidup cukup  mewah. Disekitar tempat ini ada lembaga pendidikan dan keagamaan, tapi saya tidak tau apakah lebaga-lembaga ini membantu sekolah Cakrawala. Bangunan sekolah cakrawala ini tidak jauh dari jalan poros dan pusat perbelanjaan di sekitar tempat itu. Namun ternyata masih banyak yang tidak mengetahiu dimana atau apa kah itu sekola Cakrawala. Hal ini mungkin dikarenakan kurangnya sosialisasi dari sekolah ataukah tidak adanya kepedulian dari penduduk yang tinggal di tempat itu. 


   c. Peserta/sasaran Proyek Sosial

Sekolah Rakyat Cakrawala didedikasikan untuk anak-anak krang mampu yang berdomisili di Tamalanrea dan sekitarnya (Makassar, Sulawesi Selatan). Umumnya mereka adalah anak-anak jalanan, yang orang tuanya bekerja sebagai pengemis (mantan penderita kusta), pemulung, tukang becak, tukang ojek, tukang cuci dan lain-lain. Juga pembinaan dan pemberdayaan ekonomi untuk orang tua murid, dengan membuka kelas lifeskill dan memberikan pinjaman untuk modal usaha. Merka membantu para penduduk yang ingin menyekolahkan anaknya tapi mangalami keterbatasan biaya dengan cara mencarikan mereka orang tua asuh. Setiap calon murid yang akan masuk di sekolah inidiseleksi dengan ketat dalam hal ekonoi dengan cara meninjau kerumah-rumah mereka sehingga tujuan tujuan atau sasaran dari sekolah ini dapat tercapai yaitu membantu para kaum papah dan mendidik anak mereka menjadi anak yang cerdas dengan hati nurani.

   d.  kendala/hambatan yang di hadapi selama mengerjakan proyek  sosial 

dalam pengajaran yang kami adakan di Sekolah Cakrawala tentunya kami menemui beberapa kendala,  khususnya penulis pribadi, saya mengalami kendala dalam hal komunikasi. Hal ini dikarenakan belum adanya pengalaman mengajar yang penulis miliki sehingga penulis kurang  maksimal dalam mengajar. Tapi setelah beberapa pertemuan kendala itu mulai teratasi karena saran-saran dari para pendidik sekolah cakrawala baik mangenai cara menarik perhatian anak didik, cara berkomunikasi dengan mereka. Kendala yang lain yaitu keterbatasan waktu untuk mengajar mereka, sehingga apa yang penulis ajarkan tidak maksimal. Namun kendala utama ada di pertemuan pertama yaitu ketidak siapan menghadapi murid-murid, hal ini terjadi karena pengurus Cakrawala mempertimbangkan ulang siapa yang akan kami ajar dan akirnya mereka memutuskan agar kami mengajar anak-anak yang berumur 5 tahunan. Hal ini membuat kami bingung dikarenakan tidak ada persiapan untuk menghadapi mereka.

 

   e. Pelajaran yang di peroleh dari kegiatan Proyek Sosial

dari proyek sosial ini saya mempelajari banyak hal, misalnya keceriaan mereka ditengah-tengah kekurangan, senantiasa bersyukur atas apa yang mereka miliki, kedewasaan pikiran, dimana mereka peduli terhadap orang tua membantu mereka mecari uang  meskipun masih sangat dini bagi mereka unutk memekirkan hal yang seperti itu, peduli dan berbagi pada teman yang tidak memiliki misalnya makan siang. Selain itu saya juga belajar mengenai bagai mana menjalin komunikasi dengan anak-anak sehingga membuat mereka nyaman berada di dekat kita, bagai mana kita bersikap terhadap orag yang lebih tua, bagaimana kita senantiasa berdoa disatiap awal dan akir kegiatan yang kita lakukan. Sungguh suatu hal yang sangat menyenangkan dapat mermain dengan mereka. Pengurus cakrawala juga memberikan beberapa masukan-masukan bagi kami kususnya penulis. 


2. Lampiran Jadwal proyek sosial dan jurnal 
3. Lampiran surat keterangan dari instansi/organisasi tempat Proyek Sosial 
4. Foto-foto
8/31/2010 11:33:25 am

Your suggestions are exceptionally specific, I assist you. I think you must be described as a clever man. So I choose to know you, or can i have a chance to learn something from you. Thanks

Reply
diana
10/31/2013 05:22:03 pm

good job

Reply



Leave a Reply.

    Anto D. GembelZ

    ini adalah beberapa tugas n materi yang saya dapat saat kuliah di pOLTEK. semoga bisa membantu anda...

    Archives

    November 2010
    July 2010

    Categories

    All
    Curiculum Vitae
    Mata Kuliah
    Pelajaran
    Skripsi
    Tugas Besar

    RSS Feed

    Web Hosting

http://sambak-q.blogspot.com/ http://renunganku-spiritku.blogspot.com/