http://sambak-q.blogspot.com/ http://renunganku-spiritku.blogspot.com/
oOnPizz
 
Picture

SESUAI tradisi, di akhir tahun lembaga survei Oricon merilis daftar manga terlaris sepanjang 2009. Chart disusun berdasarkan angka penjualan tankoubon periode 17 November 2008 hingga 22 November 2009.


Shueisha mengukuhkan diri sebagai pe­nerbit yang paling sukses menjual manga. Se­bagai bukti, enam di antara sepuluh pe­nerbit yang mengisi chart Oricon adalah Shui­esha.


Menariknya, sebagian besar judul yang berjaya adalah shounen manga (manga yang ditujukan untuk segmen pembaca cowok, Red). Satu-satunya shoujo manga (manga yang ditujukan untuk segmen pembaca cowok, Red) yang mendarat di chart adalah Mei-chan no Shitsuji. Berikut manga yang bertengger di lima besar.

1. One Piece, Oda Eiichirou

Tahun ini benar-benar menjadi milik Oda Eiichirou. Tak hanya mencatat angka fantastis yang mendobrak rekor dalam sejarah dunia manga Jepang, One Piece bahkan menambah satu anime layar lebar yang mulai ditayangkan 12 Desember lalu. One Piece jauh mengungguli rivalnya dengan angka penjualan 14.721.241 kopi.
One Piece sukses merangkul penggemar berkat ceritanya yang penuh kejutan. Aksi petualangan Monkey D. Luffy, Nami, Roronoa Zoro, Tony Tony Chopper, Usopp, Sanji, Nico Robin, Franky, dan Brook dikemas Oda dengan dinamis. Pembaca tak sempat bosan berkat perpaduan yang pas antara aksi, komedi, dan (sedikit) drama. Apalagi, Oda gemar menambahkan tokoh baru dalam setiap arc yang, meskipun kadang cuma numpang lewat, menambah segar kisah Luffy dkk.
Dalam arc terbaru, Luffy dikisahkan berupaya menyelamatkan kakaknya, Portgas D. Ace, yang akan dieksekusi pemerintah dunia. Akankah Luffy tiba tepat waktu?

2. Naruto, Kishimoto Masashi


Angka penjualan yang dicetak Naruto memang kalah jauh dengan One Piece. Namun soal popularitas, jangan ditanya. Kiprah si bocah kyuubi Naruto dalam manga karya Kishimoto Masashi menuai sukses global. Di lingkup domestik, Naruto masih menjadi salah satu serial paling digandrungi. Di mancanegara pun tak sedikit fans dari berbagai range usia yang tak sabar menanti kelanjutan petualangan ninja Konoha tersebut.
Kini, Naruto masih mengejar mantan rekannya di tim tujuh, Uchiha Sasuke. Berbekal ke­kuatan baru yang didapatkannya, Sasuke hendak membalas dendam kepada orang-orang yang telah merenggut kebahagiaannya.
Di sisi lain, pihak internal Konoha mulai terguncang dengan adanya pengkhianat. Si­tuasi mulai memanas. Berhasilkah Naruto menyadarkan Sasuke?

3. Bleach, Tite Kubo

Bleach menempel ketat di belakang Naruto. Serial yang idenya dicetuskan oleh Tite Kubo itu “hanya” kalah sekitar 365 ribu kopi. Hingga tulisan ini diturunkan, manga Bleach telah dirilis sebanyak 42 volume dan membukukan penjualan total lebih dari 50 juta kopi. Angka itu baru di Jepang saja, belum termasuk rilis internasional.
Kurosaki Ichigo sang tokoh utama masih disibukkan dengan identitas gandanya, pelajar sekaligus shinigami (dewa kematian, Red). Berpartner dengan Kuchiki Rukia, Ichigo terlibat dengan urusan Soul Society. Kemunculan Visored, para shinigami yang mendapatkan kekuatan hollow, semakin menambah rumit hidup Ichigo.

4. Fullmetal Alchemist Arakawa Hiromu

Duo kakak beradik rekaan Arakawa Hiromu, Edward dan Alphonse Elric, masih setia menyapa penggemar lewat serial anime Fullmetal Alchemist Brotherhood. Pembuatan ulang serial anime Fullmetal Alchemist tentu tak lepas dari sukses versi manga. Daya tarik Ed dan Al mampu melariskan 5.810.522 kopi tankoubon Fullmetal Alchemist.
Petualangan Ed dan Al masih menjadi pemikat utama serial tersebut. Dalam upayanya mendapatkan kembali tubuh manusia mereka, kedua putra Hohenheim itu bersilangan dengan banyak orang.
Para homunculus semakin terang-terangan beraksi. Bahkan mereka tak segan mengungkapkan hasrat mereka. Roy Mustang, salah seorang alchemist Amestris sekaligus orang dekat Elric bersaudara terpilih menjadi korban persembahan terakhir. Apakah yang akan dilakukan Ed dan Al?

5. Gintama, Sorachi Hideaki

Perpaduan pas antara unsur historis dengan fiksi membuat Gintama mampu menduduki posisi lima besar chart manga terlaris 2009. Sorachi Hideaki sang mangaka dengan cerdas mengutak-atik sejarah dan meleburnya dengan idenya.
Gintama yang telah diterbitkan sebanyak 31 volume mengulik kehidupan Sakata Gintoki alias Gin. Tokoh berambut perak itu hidup di zaman alternate universe Edo. Dikisahkan, Jepang diserang alien. Para samurai memerangi makhluk pendatang itu, tapi upaya mereka berhasil dipatahkan. Akibatnya, muncul larangan membawa pedang di tempat umum. (ran)


10 Best Selling Manga 2009

1. One Piece, Oda Eiichirou(Shueisha) – 14.721.241

2. Naruto, Kishimoto Masashi (Shueisha) – 6.836.494

3. Bleach, Tite Kubo (Shueisha) – 6.471.021

4. Fullmetal Alchemist, Arakawa Hiromu (Square Enix) – 5.810.522

5. Gintama, Sorachi Hideaki, (Shuiesha) – 4.733.511

6. Katekyo Hitman Reborn!, Amano Akira (Shuiesha) – 3.694.323

7. Mei-chan no Shitsuji, Miyagi Riko (Shueisha) – 3.076.659

8. Fairy Tail, Mashima Hiro (Kodansha) – 2.886.942

9. 20th Century Boys, Urasawa Naoki (Shogakukan) – 2.655.379

10. Saint Young Men, Nakamura Hikaru (Kodansha) – 2.614.269

sumber : http://www.jawapos.co.id/deteksi/index.php?act=detail&nid=108564



Leave a Reply.

    About Anto D. GembelZ...?!!

    hiooooohohohohohoooo.....
    emmmmm.......z cuma mempuyai 1 kekurangan, z rasa kalian jga suah tau apa itu. tpi biar lebih jelas, kekurangan z adalah tidak memiliki kelebihan...hahahahaahaaaa......
    ^_^

    Archives

    August 2010
    July 2010
    June 2010
    May 2010

    Categories

    All
    Ilustrasi
    Iptek
    News
    Pelajaran
    Renungan
    Subtitle
    Tips N Trik

    RSS Feed

    Web Hosting

http://sambak-q.blogspot.com/ http://renunganku-spiritku.blogspot.com/